Sadarkah Anda bahwa setiap harinya tubuh terpapar racun? Tak hanya dari lingkungan, racun dalam tubuh juga bisa berasal dari sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta sisa metabolisme dalam tubuh. Untuk itulah tubuh membutuhkan proses detoksifikasi agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Dengan detoksifikasi, tubuh akan membersihkan diri dan beristirahat sejenak dari kerja beratnya.


Sebenarnya, tubuh sudah memiliki mekanisme alami dalam proses detoksifikasi yang dilakukan melalui keringat, air seni, mau pun feses. Namun, ada baiknya Anda membantu meringankan kerja tubuh dengan melakukan hal-hal berikut untuk mempermudah proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut ini kami berikan informasinya kepada Anda.


1. Berpuasa
Beberapa dari Anda yang sudah sering berpuasa mungkin tidak menyadari bahwa ketika Anda tidak makan dan minum saat berpuasa, tubuh memiliki kesempatan yang baik untuk membersihkan diri dan beristirahat sejenak. Dengan begitu, tubuh juga memiliki kesempatan untuk mengatur ulang fungsinya, melakukan penyegaran, serta pemulihan. Selama berpuasa, usahakan untuk Anda tidak mengalami stress agar tubuh tak hanya beristirahat secara fisik saja, namun juga secara emosional. Anda bisa mencoba detoksifikasi tubuh dengan berpuasa seminggu sekali.


2. Konsumsi Bawang Putih Mentah
Cara satu ini terbilang unik dan sedikit menantang. Namun, manfaat bawang putih untuk sistem imun tubuh tak bisa Anda ragukan. Bawang putih tinggi akan kandungan antioksidan dan terbukti mampu memerangi berbagai bakteri berbahaya dalam tubuh. Meski aromanya kurang sedap, tak ada salahnya untuk Anda coba mengonsumsi beberapa buah bawang putih mentah terlebih mengingat manfaat besar dari bawang putih.

3. Rutin Beraktivitas yang Mengeluarkan Keringat
Seperti yang sudah Anda ketahui, tubuh mengeluarkan racun secara alami melalui keringat. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa terdapat kandungan arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri dalam keringat yang Anda keluarkan. Semakin rutin Anda beraktivitas yang berkeringat, semakin banyak juga keringat dan racun yang Anda keluarkan dari dalam tubuh. Anda bisa mencoba berolahraga atau pun pergi ke sauna secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.


4. Minum Air Lemon Di Pagi Hari
Cobalah untuk mengonsumsi segelas air lemon hangat ketika perut Anda dalam keadaan kosong di pagi hari. Air lemon terbukti dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, memperlancar proses detoksifikasi, serta melancarkan pencernaan. Anda mungkin baru akan merasakan manfaatnya selang beberapa waktu. Namun, dengan meminum air lemon, Anda juga akan memperlancar proses pembuangan racun melalui air seni atau pun feses setiap harinya.


5. Istirahat Cukup
Ketika Anda beristirahat di malam hari, tubuh juga akan mengurangi intensitasnya dalam mengerjakan fungsi tubuh. Tidur dengan waktu yang cukup di malam hari akan membantu tubuh untuk bisa kembali bekerja secara optimal keesokan harinya. Hal ini tentu secara tidak langsung akan membuat Anda merasa lebih bersemangat dan sistem imun tubuh pun semakin kuat.


Selain beberapa cara di atas, seimbangkan pula dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Serta cukupkan kebutuhan air harian tubuh sebanyak 8-10 gelas perhari agar proses detoksifikasi tubuh dapat berjalan lebih maksimal.

Atau Anda bisa juga melalukan detoks tubuh dengan menggunakan gelang kesehatan yang pastinya mudah dan aman seperti gelang Ginsamyong.

Selamat mencoba!