Sakit kepala yang seringkali datang tiba-tiba memang menjadi gangguan dalam aktivitas sehari-hari. Terlebih jika sakit kepala yang datang diikuti oleh gejala lain seperti lemas, mual, dan otot-oto yang mendadak mengencang. Beberapa dari Anda mungkin memilih jalan pintas dengan mengonsumsi obat sakit kepala atau pereda nyeri. Namun, terlalu sering mengonsumsi obat juga bukanlah pilihan yang bijak. Karena ternyata, ketika Anda mencoba menghentikannya secara tiba-tiba, justru timbul resiko gangguan kesehatan lainnya.

Untuk membantu meredakan sakit kepala, sebenarnya Anda tak perlu terburu-buru mengonsumsi obat. Sebab ada beberapa cara yang bisa terlebih dahulu Anda coba untuk meredakan sakit kepala. Apa sajakah?


1. Beristirahat
Sakit kepala yang timbul bisa jadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami kelelahan berlebih ketika sedang beraktivitas. Istirahat sejenak merupakan cara yang tepat untuk Anda lakukan. Ada baiknya ketika beristirahat sejenak Anda memilih ruangan yang jauh dari suara sekitar agar lebih tenang dengan kondisi cahaya yang agak gelap. Lalu cobalah untuk melemaskan otot kepala dan pundak Anda.


2. Relaksasi
Bagi Anda yang terbiasa bermeditasi, Anda bisa menggunakan teknik meditasi untuk meredakan sakit kepala yang sedang dirasakan. Cukup pejamkan mata dan atur pernapasan Anda, lalu bayangkan jika Anda sedang berada di temapt favorit Anda untuk menenangkan diri. Cara tersebut akan membantu Anda untuk lebih cepat merasa rileks dan sakit kepala pun berangsur-angsur akan berkurang.


3. Kompres
Anda bisa mencoab teknik kompres panas dan kompres dingin untuk mengatasi sakit kepala. Mengompres bagian kening dan belakang leher dengan handuk hangat akan membantu Anda melemaskan otot-otot yang kaku di kedua bagian tubuh tersebut. Lanjutkan dengan kompres dingin menggunakan es batu yang dibalut sapu tangan atau handuk di bagian tersebut. Efek dingin yang diberikan oleh es batu akan mengecilkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengecil, tekanan terhadap saraf-saraf sensitive yang terdapat di kepala pun dapat berkurang.


4. Pijatan Ringan
Memijat ringan bagian yang sakit dengan telunjuk atau ibu jari bisa menjadi cara lain untuk meredakan sakit kepala. Berilah pijatan ringan dengan gerakan yang konstan selama 7-15detik. Ulangi hingga sakit dirasa mereda. Usahakan untuk memijat dengan tekanan yang pas, tidak terlalu pelan atau keras. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat bagian kepala, leher, dan pundak.


5. Konsumsi Camilan
Penurunan kadar gula darah dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi camilan manis agar kadar gula darah kembali stabil. Usahakan pula untuk makan tepat waktu agar kadar gula dan tekanan darah tetap stabil.


6. Minum Air Mineral
Salah satu tanda dari dehidrasi adalah sakit kepala. Terlebih jika saat itu Anda merasa haus, bibir kering, lelah berlebih, serta frekuensi buang air kecil yang jarang. Cobalah untuk meminum segelas air mineral agar tubuh kembali terhidrasi dan sakit di kepala bisa berangsur berkurang.


Dengan mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi sakit kepala, Anda akan mengetahui penyebab dari sakit kepala yang Anda rasakan. Apakah sakit kepala tersebut disebabkan oleh lelah berlebih, dehidrasi, penurunan kadar gula darah, atau kah alasan lainnya. Sehingga di kemudian hari Anda bisa mencegah sakit kepala tersebut datang kembali.